Silabus Pembelajaran disusun berdasarkan Standar Isi, yang di dalamnya
berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi
Dasar (KD), Materi Pokok/Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, dan
Sumber Belajar. Dengan demikian, Silabus Pembelajaran pada dasarnya menjawab
permasalahan-permasalahan sebagai berikut.
1.
Kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai
dengan yang dirumuskan oleh Standar Isi
(Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).
2.
Materi Pokok/Pembelajaran apa saja yang perlu dibahas dan
dipelajari peserta didik untuk mencapai Standar Isi.
3.
Kegiatan Pembelajaran apa yang seharusnya diskenariokan
oleh guru sehingga peserta didik mampu berinteraksi dengan sumber-sumber
belajar.
4.
Indikator apa saja yang harus dirumuskan untuk mengetahui
ketercapaian KD dan SK.
5.
Bagaimanakah cara mengetahui ketercapaian kompetensi
berdasarkan Indikator sebagai acuan dalam menentukan jenis dan aspek yang akan
dinilai.
6.
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai Standar
Isi tertentu.
7.
Sumber Belajar apa
yang dapat diberdayakan untuk mencapai Standar Isi tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar